Tugas Essay Sistem Informasi Manajemen 1


Dewasa ini peran sistem informasi terhadap bidang bisnis merupakan salah satu cara untuk memenangkan persaingan di dalam dunia bisnis. Sistem informasi yang kerap kali dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan di dalam menjalankan bisnisnya memiliki kemampuan tersendiri yang dapat sangat membantu efektifitas pekerjaan yang sering kali sangat memakan banyak waktu.
Perusahaan yang lebih dulu menerapkan sistem informasi di dalam bisnisnya,  sering kali mendapatkan competitive advantage dari perusahaan saingannya.
Mengapa sistem informasi dapat memberikan competitive advantage bagi perusahaan yang menggunakannya? Hal ini merupakan hal yang sangat patut dipertanyakan.
 Apakah sebenarnya sistem informasi itu? Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen dengan kata lain sistem informasi merupakan cara berinteraksi antara manusia dan teknologi yang bertujuan untuk mendukung proses bisnis.
Apakah sebenarnya competitive advantage itu? Competitive Advantage adalah Kelebihan yang dimiliki oleh seorang manusia ataupun sebuah perusahaan dalam persaingan dan kompetisi.
Akan lebih mudah menerangkannya kedua hal tersebut dengan menggunakan contoh. Perusahaan yang sangat terlihat memiliki Competitive Advantage di dalam sistem informasi dari perusahaan-perusahaan dagang lain adalah Amazon dan E-bay.
Amazon dan E-bay adalah perusahaan yang berbasis E-Commerce yang melayani penjualan di seluruh dunia. Berbeda dengan perusahaan dagang biasanya, yang mengharuskan kita untuk bepergian dan membeli barang yang kita inginkan secara langsung, Amazon dan E-bay menawarkan Pembelian barang secara online tanpa mengharuskan kita untuk bepergian dan melihat secara langsung. Di situsnya, Amazon dan E-bay memajang gambar-gambar dari berbagai sektor untuk dijual. Mulai dari perlengkapan dapur, pakaian, hingga alat-alat elektronik dan mobil. Jika ingin membeli, kita hanya tinggal membuka situsnya secara online dan memilih barang-barang yang kita inginkan berdasarkan gambar yang terdapat di dalamnya.
Dilihat dari hal tersebut, kedua perusahaan tersebut memiliki competitive advantage dari perusahaan dagang yang lain dikarenakan perusahaan tersebut sangat mengandalkan sistem informasi  berbasiskan E-Business. Data-data yang kita input di dalam situsnya akan masuk ke dalam gudang data yang berfungsi untuk memberitahu pesanan-pesanan dari konsumer, sehingga dapat dilakukan operasi untuk mengirim barang-barang sesuai pesanan secara terorganisir. Hal tersebut terlihat sangat efektif dan efisien dibandingkan kita harus bepergian dari rumah untuk membeli barang-barang yang kita inginkan.
Namun ada juga beberapa hal negatif yang muncul, yaitu ketidak percayaan para konsumer pada benda-benda yang dilihatnya jika hanya dalam bentuk gambar, juga budaya para consumer yang jika ingin membeli  barang, maka ia harus pergi ke tempat dimana ia harus membeli barang yang diinginkannya. Budaya-budaya seperti ini sangat susah untuk dihilangkan, apalagi jika sudah mendarah daging sekian lamanya.
Akan tetapi budaya ini juga dapat hilang secara perlahan-lahan dikarenakan kepercayaan yang dibangun oleh perusahaan-perusahaan tersebut dengan para konsumernya yang memberikan barang-barang sesuai keinginan konsumer, sehingga para konsumer menjadi sangat puas akan pelayanan perusahaan-perusahaan tersebut. Juga dikarenakan perkembangan teknologi yang sangat cepat, yang mengharuskan semua orang untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi itu sendiri.
Dengan demikian, Sistem Informasi memang merupakan salah satu hal yang sangat dapat memberikan Competitive Advantage bagi perusahaan di dalam persaingan bisnis dunia yang saat ini begitu ketat. Dapat dilihat dari contoh perusahaan diatas. Perusahaan tersebut sangat mengandalkan sistem informasi dalam menjalankan bisnisnya. Mereka mendapatkan Competitive Advantage yang sangat besar dari Sistem Informasi yang mereka terapkan.

Comments

Popular posts from this blog

Saat Sakit Tapi Tidak Bisa Beristirahat, Beginilah Rasanya