Wednesday, December 02, 2015

I Won't Trade This Moment for Anything part 1 - Diary of Jobseeker prolog

Tahukah kamu bahwa survive pasca dibully itu sangat berat? Bagaimana kamu mengumpulkan pecahan-pecahan dirimu yang telah diinjak-injak oleh orang lain. Ketika mereka melakukan bully terhadapmu, kamu kehilangan identitas dirimu. Kamu merasa cantik, atau bahkan biasa, tiba-tiba mereka mengatakan hal buruk terhadapmu seperti buruk rupa, kemudian kamu bertanya-tanya "apakah aku buruk rupa?". Semakin banyak kamu terpapar dengan hal kata-kata buruk itu, kamu  akan terbrainwash. Kamu hidup dengan pandangan dan kepercayaan yang baru, bahwa kamu jelek.

Itu sekilas cerita bagaimana bully membuat kamu tidak mengenal dirimu sendiri.

Berat rasanya meninggalkan sekolah berprestise ini. Kemarin rasanya aku rela menukar apapun untuk kembali ke sekolah itu. Aku ingin dapat ijazah dari sekolah itu.
Tapi sekarang
Sumbernya en.wikipedia.org
Aku ada disini. Aku nggak rela menukar kesempatan emas ini untuk ditukar dengan apapun



Sumbernya www.alegoo.com
Aku memiliki kondisi ini. Ada seseorang diluar keluargaku yang membuatku bisa bikin foto ini pake hati (ceritanya prewedding gitu...)

Sebenarnya nggak penting ya ini cerita? Ya bagi sebagian orang sih iya. Tapi buatku, ini merupakan dua momen hidup paling penting yang jadi cikal bakal semua kisah. Kisah bangkitnya Bully Survivor, kisah Move On-nya orang yang terlibat LGBT, jatuh bangunnya masuk tempat idaman,

Di akhir cerita, aku cuma berharap blog ini nantinya inspiring banyak orang khususnya yang pernah terlibat sama masalah cheating khusus LGBT, bully survivor, pejuang kampus, dan jobseeker

Sunday, November 02, 2014

Selamat Jalan ibu AH

26 Oktober 2014. Dua hari berturut-turut terbangun dari mimpi buruk. Hari ini adalah hari kedua. Seluruh ingatan dan kenangan akan sekolah tersebut bangkit. Dan setiap malam berakhir dengan air mata, atau keringat dingin. Sangat traumatis. Walaupun yang kulihat di dalam mimpi itu hanyalah gedung –gedung yag beru lebih tepatnya- sesuai imajinasiku karena penasaran belum melihat apa jadinya sekolah itu setelah renovasi.

27 Oktober 2014. Terbangun dari tidur tengah malam. Melihat notifikasi media sosial. Seorang teman menulis mengenai kepergian guruku guruku di sekolah itu. Sekolah C. Guru paling kusayangi. Skip. Salah baca. Mengantuk. Kupikir yang berpulang adalah kerabat dari guruku. Namun pengumumannya sedemikian heboh.

Paginya aku dikirimkan sebuah pesan via messenger. Bersama sekelompok teman lain –yang pernah memberikan mimpi buruk di kenangan sekolah itu- dikirimkan sebagai pesan grup. Sebuah pesan grup muncul, dan aku sekelompok bersama mereka. Kenangan buruk kembali muncul. Hanya dengan melihat notifikasi, keringat dinginku mengucur. Rupanya traumaku belum sembuh. Lagi-lagi aku membaca itu dengan skip. Tidak membaca detail. Dan masih berpikir bahwa yang berpulang adalah kerabat guruku.

Sekali lagi, bingung dengan pengumuman sedemikian heboh. Aku mulai curiga pada saat siang. Kembali mengecek media sosial, benar saja kubaca ulang post dari kawanku di sekolah itu. Shock, rasanya darahku naik hingga ke lepala. Langsung kuhubungi kawanku via messenger, untuk bertanya info lebih lanjut. Jika memungkinkan aku akan melayat almarhum dan bertemu dengan keluarganya. Tapi apalah, rencana hanya rencana. Jiwa dan pikiran ini terperangkap dalam tubuh yang lemah kondisinya, kurang memungkinkan untuk melayat, dikhawatirkan tambah drop jika dipaksakan.

Baiklah, ibu guruku tercinta, almarhum ibu AH. Saya baru 6 bulan disana dan rasanya diri saya tertinggal disana. Hanya 6 bulan tapi pelajaran yang didapat begitu besar. Saya keluar dengan rasa sedih, berat, dan begitu banyak perasaan negatif saat berada disana, juga keluar dengan kenangan yang sangat tidak menyenangkan. Namun dibalik itu semua, andalah salah satu guru yang menjadi icon akan guru yang sesungguhnya, ibu AH. Yang sesungguhnya memberi perhatian dan mengajarkan sesuatu pada kami.

Ibu AH, tahukah anda bahwa hingga detik ini saya menyesali kenapa saya tidak bertahan disana. Saya memilih mundur dengan segala pilihan yang saya paksakan, meskipun sebenarnya pilihan itu tidak ada dan hanya dibuat-buat. Dibuat-buat oleh saya yang menyerah. Tahukah bu, saya malu sekali. Sangat malu dengan pilihan yang saya buat-buat dan saya jalankan. Saya malu dengan pilihan pindah ke sekolah D dan lebih memilih mundur dari sekolah C. Seandainya waktu bisa berputar, saya akan bertahan disana. Atau paling tidak, saya akan katakan, apa yang membuat saya mundur dari sana. Akan saya akui semuanya, tidak hanya disini, tapi juga di depan ibu dan di depan mereka. Bahwa, “YA. SAYA PINDAH DARI SANA KARENA MEREKA, BU. KARENA REKAN-REKAN SAYA. KARENA ANAK-ANAK DIDIK ANDA JUGA”. Sesuai dengam dugaan anda dan dugaan mereka, para rekan-rekan saya. Bahwa mereka menduga merekalah yang menyebabkan saya mundur. Dan itu benar

Dan ibu tahu? Jika saya datang ke acara pensi yang diselenggarakan setiap tahun, tidak sebagai murid atau alumni, salah satu alasannya adalah saya ingin datang menjumpai teman-teman saya yang memberi kenangan baik serta bersilaturahmi dengan ibu. Ya, bertemu dengan anda, bu. Sya mencari-cari alasan sedemikian rupa hanya agar bisa berilaturahmi lagi dengan anda, walupun saya mengakui di depan orang banyak "saya ingin bertemu teman-teman". Padahal sesungguhnya saya ingin bertemu dengan anda.

Hari ini, 2 November 2014 adalah hari Arwah bagi Gereja Katolik. Hari ini juga saya persembahkan untuk anda, bu. Kiranya jiwa anda beristirahat dengan tenang, di sisiNya. You were doing a great job, ma’am! Saya pikir anda telah berhasil mendidik semua anak didik anda. Anda telah berhasil menjadi guru yang baik. Sampaikan salam pada Bapa di Surga. Akhirnya engkau lebih dekat denganNya. Semoga Ia selalu memberikan perlindungan bagi semua kaum yang tertindas. Di lingkungan manapun, setting manapun,  pemerintahan, kependudukan, politik, bahkan dalam lingkungan sekolah. Mereka yang tertindas oleh kaum yang lebih kuat dan berkuasa. Kiranya Bapa selalu mengirimkan berkat dan malaikatNya untuk menjaga mereka semua dan memberikan mereka keberanian untuk melawan penindas dan memperjuangkan hak-hak mereka. Amin

Ibu A.H.
 -27 September 2014 (Ibu maaf saya nggak tau tanggal lahir ibu T.T)
Pengajar dan wali kelas di SMA Tarakanita I dan SMK Tarakanita

-     
Ya Bapa, akhirnya aku berani menyebut nama sekolahnya :”(

Thursday, April 17, 2014

Throwback Time : Bu Koes pt I

Ini udah taun berapa? Udah berapa lama gw tidur ga bangun2? Hastagaaa
Oke, ini sekilas resume hidup gw ya. Yang nelangsa ini

2007- Gw mengalami masa sukar masuk ke sekolah C. Lalu pindah ke sekolah D tapi malah menyesal masuk sekolah D dan meninggalkan sekolah C
2008 - Gw udah resmi jadi anak sekolah D yang madafaka gak oke sama sekali. Gw malah menjadi mahluk yang tidak tahu malu. Di tahun ini gw masih menyesal. Yes dear, still regret, bahkan sampe sekarang....
2009 - Gw nyoba pacaran (yang sah) untuk pertama kalinya. Dan di tahun ini juga jadi tahun perjuangan buat belajar UN sama belajar tes seleksi masuk kampus idaman yang kecekece bok!
2010 - Gw keterima di kampus idaman yang kecekece bok! Puji Tuhan yah :) Tapiiiiii, masa adaptasi gak gampanglah. Gw malah setres disana.
2013 - Masih dalam kondisi menyesal meninggalkan sekolah C, menyesal masuk sekolah D dan masih dalam keadaan setres menjadi bagian dari kampus idaman yang kecekece bok! Hubungan percintaan gw berakhir. Tapi masih ada kisah lanjutan yang belum bisa dibeberkan
2014 - Kisah lanjutan ini masih berlanjut hingga sekarang. And this is the reason why I wake up. Liat donk ini udah taun berapa. Udah berapa lama gw ga nyentuh blog ini. Belom bisa dibeberkan sekarang, tapi gara-gara itu, gw jadi inget gw punya blog serta gw baru inget di taun 2007 pernah ada kejadian pilu nan sendu kayak gitu yang nimpa gw! Gw baru inget kalo ada Bu Koes gara-gara ini. Kalo ga ada si kisah lanjutan ini, gw lupa keberadaan Bu Koes serta dedikasi gw buat beliau. Dan tentu aja gw masih nyesel karena pindah dari sekolah C, nyesel masuk sekolah D, dan masih dalam keadaan stres menjadi bagian dari kampus idaman yang kecekece bok!

Gw breakdown dulu satu-satu ah, ternyata gw nulis kayak orang gila. Loncat kesana kemari dan ga ada alur berpikirnya. Sebuah kesalahan yang fatal dalam dunia menulis! Jangan ditiru!!

Wednesday, November 28, 2012

Saat Sakit Tapi Tidak Bisa Beristirahat, Beginilah Rasanya

Here I am, stuck in my bed....

Musim pancaroba, perubahan cuaca bikin down. Dan yang paling gak enak itu lho....hawanya yang kemana-mana......
Okeh setelah blog gw ini dibajak oleh seseorang yang membutuhkan blog hanya untuk sekali ngepos, maka gw relakan post blog ini untuk dipinjam. Demi tugasnya.
Trus gw dapet apa dari peminjaman ini? Sebenernya sih gak dapet apa-apa yang bisa gw ceritakan secara detail, tapi gw dapet banyak banget jasa dari si peminjam blog kayak dapet tumpangan gratis. Udah itu doank ==a (lagi garuk-garuk kepala mikir nih, apalagi ya?)


Yah beginilah gw sendiri di kamar sambil misuh-misuh kalo gw butuh istirahat tapi nanti siang kudu pergi ngerjain sebuah tugas yang sangat jahanam sakng jahanamnya sampe-sampe gw gak mau ceritain sejahanam apa tugas itu.
Rasanya sepi, sendiri, digantungin temen gara-gara sms gak dibales. Gw jadi khawatir tuh orang baca sms gw apa enggak. Trus feel lainnya adalah gak enak. Ya gak enak. Dengan tubuh gak fit begini, secara fisik gw gak merasa nyaman, apalagi idung gw mampet begini. Pengennya ya total istirahat, tapi kok gak bisa...
Pengennya gak ada beban apa-apa, tapi ya jelas gak bisa.....

Sepi, gak ada yg bisa diajak ngomong, curhat. O ya, salah satu kelebihan gw minjemin blog ini ke orang adalah orang itu yang setia nemenin gw, bales sms gw, dengerin curhat gw, dan calming me down, nyuruh gw relaks. Sayangnya dia harus melanjutkan hidupnya di kelas dan berpisah dengan hp. Dadah hapenya....

Oke jadi di musim pancaroba ini, tolong jaga kondisi tubuh. So far, gw belom liat ada yang kena sakit selain gw, peminjam akun ini, dan adek gw yang gendeng. Kemaren sempet ada musim diare and thanks God, gw lolos dan sehat di masa orang-orang lagi tepar
Dan gak usah nyari kegiatan disaat kalian dikaruniai waktu luang untuk beristirahat. Banyak yang komen dengan boringnya kalau lagi waktu luang, mereka bingung mau ngapain. Marah-marah kalo gak ada kerjaan. Trus gw tidur cepet dibilang cupu masih sore udah tidur kayak anak bayi. Padahal kan namanya juga lagi gak enak badan. 
Tubuh punya batas kekuatan juga, apa salahnya kita antisipasi penyakit dengan cara banyak beristirahat? Tapi jangan kebanyakan ngebo juga, menurut penelitian, tidur terlalu banyak dapat menyebabkan kelelahan dan lemas.....

Thursday, March 15, 2012

Tugas Essay Sistem Informasi Manajemen 1


Dewasa ini peran sistem informasi terhadap bidang bisnis merupakan salah satu cara untuk memenangkan persaingan di dalam dunia bisnis. Sistem informasi yang kerap kali dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan di dalam menjalankan bisnisnya memiliki kemampuan tersendiri yang dapat sangat membantu efektifitas pekerjaan yang sering kali sangat memakan banyak waktu.
Perusahaan yang lebih dulu menerapkan sistem informasi di dalam bisnisnya,  sering kali mendapatkan competitive advantage dari perusahaan saingannya.
Mengapa sistem informasi dapat memberikan competitive advantage bagi perusahaan yang menggunakannya? Hal ini merupakan hal yang sangat patut dipertanyakan.
 Apakah sebenarnya sistem informasi itu? Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen dengan kata lain sistem informasi merupakan cara berinteraksi antara manusia dan teknologi yang bertujuan untuk mendukung proses bisnis.
Apakah sebenarnya competitive advantage itu? Competitive Advantage adalah Kelebihan yang dimiliki oleh seorang manusia ataupun sebuah perusahaan dalam persaingan dan kompetisi.
Akan lebih mudah menerangkannya kedua hal tersebut dengan menggunakan contoh. Perusahaan yang sangat terlihat memiliki Competitive Advantage di dalam sistem informasi dari perusahaan-perusahaan dagang lain adalah Amazon dan E-bay.
Amazon dan E-bay adalah perusahaan yang berbasis E-Commerce yang melayani penjualan di seluruh dunia. Berbeda dengan perusahaan dagang biasanya, yang mengharuskan kita untuk bepergian dan membeli barang yang kita inginkan secara langsung, Amazon dan E-bay menawarkan Pembelian barang secara online tanpa mengharuskan kita untuk bepergian dan melihat secara langsung. Di situsnya, Amazon dan E-bay memajang gambar-gambar dari berbagai sektor untuk dijual. Mulai dari perlengkapan dapur, pakaian, hingga alat-alat elektronik dan mobil. Jika ingin membeli, kita hanya tinggal membuka situsnya secara online dan memilih barang-barang yang kita inginkan berdasarkan gambar yang terdapat di dalamnya.
Dilihat dari hal tersebut, kedua perusahaan tersebut memiliki competitive advantage dari perusahaan dagang yang lain dikarenakan perusahaan tersebut sangat mengandalkan sistem informasi  berbasiskan E-Business. Data-data yang kita input di dalam situsnya akan masuk ke dalam gudang data yang berfungsi untuk memberitahu pesanan-pesanan dari konsumer, sehingga dapat dilakukan operasi untuk mengirim barang-barang sesuai pesanan secara terorganisir. Hal tersebut terlihat sangat efektif dan efisien dibandingkan kita harus bepergian dari rumah untuk membeli barang-barang yang kita inginkan.
Namun ada juga beberapa hal negatif yang muncul, yaitu ketidak percayaan para konsumer pada benda-benda yang dilihatnya jika hanya dalam bentuk gambar, juga budaya para consumer yang jika ingin membeli  barang, maka ia harus pergi ke tempat dimana ia harus membeli barang yang diinginkannya. Budaya-budaya seperti ini sangat susah untuk dihilangkan, apalagi jika sudah mendarah daging sekian lamanya.
Akan tetapi budaya ini juga dapat hilang secara perlahan-lahan dikarenakan kepercayaan yang dibangun oleh perusahaan-perusahaan tersebut dengan para konsumernya yang memberikan barang-barang sesuai keinginan konsumer, sehingga para konsumer menjadi sangat puas akan pelayanan perusahaan-perusahaan tersebut. Juga dikarenakan perkembangan teknologi yang sangat cepat, yang mengharuskan semua orang untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi itu sendiri.
Dengan demikian, Sistem Informasi memang merupakan salah satu hal yang sangat dapat memberikan Competitive Advantage bagi perusahaan di dalam persaingan bisnis dunia yang saat ini begitu ketat. Dapat dilihat dari contoh perusahaan diatas. Perusahaan tersebut sangat mengandalkan sistem informasi dalam menjalankan bisnisnya. Mereka mendapatkan Competitive Advantage yang sangat besar dari Sistem Informasi yang mereka terapkan.

Sunday, August 21, 2011

Cerita hari ini dimulai dari malam kemarin. Malam kemarin bakpau BABIku habis dimakan si sontoloyo gak pengen dah tu orang gw anggep adek!!!!) Itu bakpau babi khusus dari Surabaya dari calon mertua Natush KHUSUS BUAT NATUSH. JAUH-JAUH dari SURABAYA.

tak tergantikan.....

Gw nangis sejadi-jadinya. "OWAAAAA BAKPAO GUWEEEEE"

Malemnnya gw gak bisa bobo


Paginya, gw tumben bisa bangun jam 8. Tapi hati gw gundah gulana gelisah apalagi hari itu temen gw yang terkenal akan kemampuan spasialnya anti nyasar bilang ada acara mendadak. Gw makin galau

Siangnya, tragedi dimuai lebih parah. Disaat Natush lagi keburu2 siap2, temen Natush yg namanya donat telpon. Ngajakin ke gereja. Hmmff
UDAH TAU NATUSH MAU PERGI *esmosi*
saking keburu2 gw sampe keluar belom pake baju. Tadaaa....ADA SUPIR GW LIAT GW
Oooohhh Myyy Goooodddd
kakuditempat

telat sekitar 15 menit

Jalan....ngantuk....dan MACET. Ohhhh...macet.....
cor everywhere. dan mr. driver nyasar! gak mau dengerin gw!
satu setengah jam ada di kota gw sendiri. SATU SETENGAH JAM SODARA2 gw masih ada di suburb belom masuk city

Thx God tol lancar

Sampe sana, gw telat juga 15 minutes. Gw keliling mao beli kado buat orang karena gak ada yang bagus dan semua unyuunyu akhirnya ga jadi

Dan.....temen gw yg kemampuan spasialnya tinggi telat juga. Baru dateng jam 4. Ga jadi skating. Hix....

Disaster puncak bermula dari :HP GW KETINGGALAN DI KLOSET!!! Udah di level 4 turun ke level 3. Di level 3 disuruh ke ground. Catatan : Lift kapsul mati.
Di ground disuruh fotokopi. Pergi lagi ke level 3 buat fotokopi. Abis itu ke level 5, ke management officenya. Disana begitu naik lift bukan kapsul, begitu pintu terbuka : JREENNNGGGG. Isinya mobil semua. Parkiran bagi para penghuni apartemen!
turun lagi ke level 4. TAK ADA 1 PUN SATPAM YG BISA DITANYAIN!!!! Bujudddd....mol segede gitu bisa ngangkut ribuan gajah, mosok satpam gak ada?

Naik atas lagi, nanya satpam diparkiran, dan jalan jauh sekali a thousand miles.....

Saturday, August 13, 2011

Moon Vs. Muse

Well setelah lama banget gw gak ngeblog, dengan garingan yg udah hampir melempem (maksudnya udah gak garing), mungkin pengaruh cuaca, mungkin pengaruh jam, mungkin pengaruh obat bius dsbdsbdsb.

Saat kita kecewa bukanlah saat yg tepat untuk memulai sebuah tulisan. Dari sini gw bisa liat kilas balik semua hal yang bikin gw kecewa.

Gw bukan orang jahat bin pelit yang gak pernah ngasih izin orang pergi buat keperluan sosialita. Tapi kalo nggak ada esensinya juga ngapain gw kasih izin??
Anggep aja gini : gw seorang nyokap. Terus gw bilang gini sama anak gw "Nak, clubbing sana sampe mabok. Kamu baru boleh pulang pagi yaa". Kalo gw bukan Daisy Fajarina mamanya Manohara, gw gak akan melakukan hal itu

Kadang gw bingung juga sama temperament manusia itu. Kadang mereka bahagia. Kadang mereka sedih. Hanya karena hal-hal kecil. Kalo orang lagi dapet malah kadang-kadang gak ada penyebabnya.
Okay, psychologically and biologically  itu terpengaruh sama hormon. Terutama kadar serotonin di otak yang menyebabkan perubahan mood.


Tapi masalahnya pernah gak sih kalian sebagai manusia ngerasa ingin sesuatu yang perfect? Perfect penuh penjelasan. Ibaratnya lo mahaguru yang lagi nungguin manusia didikan lo itu presentasi sejelas-jelas mungkin. Menjelaskan hukum akibat dengan sangat jelas.

Malem ini gw ngeliat bulan. Bulan hari ini sangatlah bulat. Ah itu biasa. Tapi bagaimana kalian menyadari kalau ada yang berbeda dari bulan itu? Entah cahayanya. Bentuknya. Atau kadang secara tiba-tiba mengingat siapa penciptanya? Bulan itu biasanya menemani kita saat kita ada dalam kesibukan. Bayangkan sebuah keadaan dimana lo ada di dalem mobil, ngangkat telepon terus menerus, berusaha memenuhi tuntutan dan permintaan orang-orang di sekitar kita. Apa reaksi lo terhadap bulan itu? Boro-boro, orang diliat aja kayaknya nggak sempet.

This night, I just want to be alone.....
Yee orang biasanya gw juga bobok sendiri...
Ini memang gak nyambung. Tapi tiap paragraf adalah hasil renungan gw yg berbeda-beda